Selebrasi Cap Go Meh

Perayaan Cap Gomeh Makassar

Perayaan Cap Gomeh adalah Perayaan malam ke lima belas setelah Tahun Baru Imlek. Pada tahun 2011, perayaan Cap Gomeh bertepatan dengan tanggal 17 Februari 2011.

Di Makassar, perayaan Cap Go Meh di pusatkan di kawasan Pecinan, jalan Sulawesi – Jalan SUmba dan Jalan Ribura’ne. Sejak sore hari, jalan ini sudah ditutup dan arus lalu lintas dialihkan jalan lain. Di ujung jalan Sulawesi telah terpasang satu panggung besar, dengan backdrop “Jappa Jokka Cap Go Meh”. Disinilah pesta rakyat digelar. Di sepanjang jalan, stan-stan berdiri, menawarkan jajanan dan produk-produk lainnya. Kembang api dan lampion-lampion di sepanjang jalan menambah semarak suasana.

lampion cap gomeh

Photo: Ipul Dg. Gassing

Dari yang saya saksikan, ada 3 atraksi barongsai malam itu, Kelenteng Kwan Kong, Kelenteng Xian Ma, dan Vihara Ibu Agung Bahari. Semuanya meriah dan dipadati penonton. Tidak peduli keringat mengucur deras karena gerahnya udara, semuanya tetap bertahan menyaksikan barongsai yang menari mengikuti gerakan musik dan sesekali menyambut uluran angpao dari penonton.

Angpao Barongsai

Photo: Ipul Dg. Gassing

Semakin malam, suasana semakin ramai. Sayang sekali saya tidak sempat menyaksikan tari-tarian 5 etnis di Sulsel, Makassar, Toraja, Bugis, Mandar, dan Tionghoa. Udara yang gerah dan desak-desakan antara pengunjung, membuat saya dan teman-teman memilih meninggalkan lokasi perayaan Cap Go Meh tepat pukul 10 malam.

Malam yang meriah dan menyenangkan. Semua berbaur dalam suasana Pesta Rakyat tanpa memperdulikan etnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + eight =