Pesona Pantai Losari yang Kian Menarik

Tahun 2012, pembangunan Anjungan Pantai Losari kembali dilanjutkan. Pemkot Makassar terus melakukan lobi-lobi ke pusat agar mendapat anggaran tambahan untuk salah satu ikon kota ini.

“Kita butuh bantuan pusat agar anjungan bisa dinikmati utuh. Kalau mengandalkan APBD kota, mustahil bisa selesai dalam satu-dua tahun.” Kata wakil kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di balai kota, kemarin. Tahun depan, Makassar mendapat alokasi anggaran Rp. 25 miliar untuk mempercantik anjungan.

“Tidak lengkap berkunjung ke Makassar tanpa menikmati matahari terbenam di losari. Ini akan kita pertahankan.” Lanjut Ilham.

Dari tiga pelataran, baru dua yang sudah ditimbun. Yakni pelataran anjungan Bugis-Makassar dan anjungan Toraja-Mandar. Anjungan Metro belum ditimbun. Tahun 2012, dinas PU Makassar mengalokasikan anggaran Rp. 2 Miliar untuk penimbunan Anjungan Metro.

“Dana APBD Makassar sangat terbatas kalau diandalkan untuk penimbunan. Pak Wali sudah gregetan untuk melihat anjungan selesai.” Kata seorang staf Dinas PU Makassar. Selama empat tahun terakhir, dinas PU hanya mengalokasikan anggaran di bawah angka Rp.10 miliar dari APBD kota.

Mengingat penyusunan anggaran berdasarkan skala prioritas. Dibanding merampungkan anjungan, PU tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Tahun 2010, penimbunan Toraja-Mandar mendapat alokasi Rp. 5,6 miliar dari APBD. Demikian juga dengan penimbunan pelataran Bugis-Makassar mendapat alokasi Rp. 3 miliar.

Losari memiliki empat pelataran. Hingga akhir tahun 2011 ini, baru Pelataran Bahari yang sudah berfungsi.

Tribun Timur edisi cetak | Sabtu, 24 Desember 2011 | Hal 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + twelve =