Kapoposang ; Pulau Indah di Pangkep

Pulau Kapoposang ; foto by: daenggassing.com

Kapoposang termasuk dalam kawasan wisata kepulauan (KWP) yang berada di wilayah administratif kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Pulau ini lumayan besar, dihuni sekitar 100 KK. Di bagian tengah pulau ada semacam hutan lindung yang tidak terlalu besar. warga menetap di pesisir bagian utara sementara di bagian selatan ada resort milik seorang pengusaha asal Makassar.

Pulau ini memang indah. Pasirnya putih dan halus, air lautnya bening sampai-sampai kita bisa melihat ke dasar tanpa harus snorkling dulu. Di bagian Selatan pulau tepat di depan resort kita tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati indahnya karang dan ikan-ikan yang berkeliaran. Benar-benar pulau yang indah.

Dari Makassar, Kapoposang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit dengan speed boat bermesin ganda. Dengan kapal kayu bisa sampai 4 jam perjalanan. Sayangnya tidak ada pelayaran reguler ke Kapoposang. Untuk menuju ke sana kita hanya bisa dengan menumpang kapal reguler ke pulau Sarappo sebelum lanjut ke Kapoposang dengan kapal nelayan. Ribet dan mahal memang.

Jika ingin langsung menuju ke Kapoposang anda bisa menyewa perahu kayu bermesin dengan biaya sekitar Rp. 2 juta ( bisa memuat penumpang sekitar 10-15 orang) atau menyewa kapal yang lebih besar dengan biaya Rp. 5 juta.

Memang ada baiknya bila Kapoposang dikunjungi bersama teman-teman atau rombongan. Biaya bisa lebih murah karena dibagi rata. Untuk penginapan, ada dua macam. Satu resort besar milik pengusaha asal Makassar dan satu lagi resort yang lebih kecil milik penduduk setempat. Harga sewa resort berbeda-beda, berkisar antara Rp. 150ribu per malam hingga Rp. 500ribu tergantung fasilitas. Anda juga bisa meminta penduduk setempat untuk menyiapkan makan 3 kali sehari.

Di Kapoposang anda bisa sekadar snorkeling di sekitar pulau, menikmati sunset dan sunrise atau diving di beberapa spot diving yang tidak jauh dari Kapoposang. Jika ingin diving maka sebaiknya anda menghubungi dive center yang ada di kota Makassar.

Berikut adalah beberapa rekaman keindahan pulau Kapoposang.

Sunset di Kapoposang ; foto by: daenggassing.com

 

Pasir putih dan pantai yang bersih ; foto by: daenggassing.com

 

Berenang sambil bermain dengan penyu ; foto by ; daenggassing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =