Ekspor Getah Pinus Sulsel ke India dan Vietnam

Makassar – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan ekspor perdana getah pinus sebanyak 72 ton ke India dan Vietnam yang diluncurkan pada upacara peringatan hari jadi Sulsel ke-342 di Makassar, Rabu.

Getah pinus masing-masing 34 ton diekspor ke India oleh eksportir PT Admitra Pinus Utama dan 38 ton ke Vietnam oleh PT Rakindo Makmur Utama.

Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Syukri Mattinetta mengatakan, selama ini produksi getah pinus Sulsel dikirim ke Surabaya untuk diekspor melalui pelabuhan Tanjung Perak ke berbagai negara tujuan.

“Sekarang tidak lagi ke Surabaya, dengan ekspor perdana ini sudah dilakukan langsung dari pelabuhan Sokarno-Hatta (Makassar),” ucapnya.

Ia mengemukakan, dari sekitar 68 ribu hektare area hutan pohon pinus di Sulsel yang potensial diambil getahnya, baru sekitar 30 persen diantaranya yang sudah dikelola.

Area hutan pinus Sulsel terdapat di 12 kabupaten diantaranya sebagian besar di, Kabupaten Gowa, Sinjai, Maros, Bone, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Selain itu, dalam perayaan HUT juga dilakukan ekspor perdana umbi tire/ubi conyaku sebanyak 12 ton kering ke Jepang oleh UD Sumber Alam, serta ekspor madu ke Malaysia oleh Koperasi Jasa Usaha Bersama.

Tidak hanya itu, juga dilakukan ekspor perdana beras premium 3.000 matriks ton Ghana oleh PT Anugrah Fajar Celebes. Sulsel mendapat lisensi nasional untuk mengekspor 100 ribu ton beras.

Ekspor perdana ini melengkapi sukses Sulsel mengespor sayur, buah, dan beras premium ke beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia selama 2011 ini. (T.pso-099/K005)

Sumber : Antara Sulsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 9 =